Mengenal Corporate Social Responsibility (CSR)



Pengertian Corporate Social Responsibility

     Corporate Social Responsibility (CSR) dalah komitmen perusahaan atas dunia bisnis untuk berkontribusi dalam perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial dan lingkungan,  Sukmadi (2012: 132).
        Menurut Ancok (2005: 18) dalam bukunya Sukmadi  Definisi Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen bisnis untuk kontribusi pengembangan ekonomi bekerja dengan karyawan dan repsentatif mereka, komunitas local dan masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas kehidupan dimana keduanya baik untuk bisnis dan pengembangan. Selain itu, John Elkington (1997) dalam bukunya Cannibals wiys Forks, the triple Bottom Line of Twentieth Century Business mendefinisikan CSR sebagai aktivitas yang mengajar triple bottom line, yang terdiri atas 3P. Selain mengajar profit untuk kepentingan shareholsers, perusahaan juga harus memperhatikan kepentingan stakeholders yakni terlibat pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat (people) serta berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet), Ancok (2005: 18)
         Sedangkan menurut Boone dan Kurtz (2007) CSR dalah dukungan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan masyarakat secara setara dalam mengevaluasi kinerja perusahaan. Menurut B. Tamam Achda (2007) dalam Sukmadi mengartikan CSR sebagai komitmen perusahaan untuk mempertanggungjawabkan dampak operasinya dalam dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan serta terus menerus menjaga agar dampak tersebut menyumbang manfaat kepada masyarakat dan lingkungan hidupnya.


Manfaat CSR

        Dalam bukunya Sukmadi (2012: 135) menyatakan bahwa manfaat CSR bagi perusahaan adalah
1.       Mempertahankan dan mendongkrak reputasi serta citra merek perusahaan
2.       Mendapatkan lisensi untuk beroperasi secara sosial
3.       Mereduksi resiko bisnis perusahaan
4.       Melebarkan akses sumber daya bagi operasional perusahaan
5.       Membuka peluang pasar yang lebih bagus
6.       Mereduksi biaya
7.       Memperbaiki hubungan dengan stakeholders
8.       Memperbaiki hubungan dengan regulator
9.       Meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan
1.       Peluang mendapatkan penghargaan


Implementasi CSR

        Sukmadi (2012: 142) implementasi dalam CSR adalah: 

    1. Pentingnya menerapkan CSR
Subtansi keberadaan CSR adalah memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri dengan jalan membangun kerja sama antar stakeholder yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat sekitarnya. Ada enam kecendrungan utama yang semakin menegaskan arti penting CSR, Yaitu:
·         Meningkatkan kesenjangan antara kaya dan miskin
·         Posisi negara yang semakin berjarak kepada rakyatnya
·         Semakin mengemukanya arti kesinambungan
·         Semakin gencarnya sorotan kritis dan resistensi dari public bahkan bersifat anti-perushaan
·         Tren ke arah transparansi
·         Harapan bagi terwujudnya kehidupan yang lebih baik dan manusiawi

    2. Aktivitas CSR
Prince of Wales International Business Forum mengungkapkan bahwa ada lima pilar aktivitas dari CSR (Ancok, 2005: 19-20)
a.       Building Human Capital
Secara internal, perusahaan dituntut untuk menciptakan SDM yang handal, secara eksternal perusahaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, biasanya melalui community development.

b.      Strengthening economies
Perusahaan dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri sementara komunitas di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi sekitar.

c.       Assessing social chesion
Perusahaan dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan masyarakat sekitarnya agar tidak menimbulkan konflik

d.      Encouraging good governance
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus menjalankan tata kelola bisnis dengan baik

e.      Protecting the environment
Perushaan harus berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan.


Aplikasi Corporate Social Responsibility di Beberapa Perusahaan

Banyak perusahaan yang melakukan kegiatan CSR , seperti :

a)    PT. Unilever
Program yang dilakukan PT. Unilever terhadap masyarakat di Surabaya sebagai salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility, yaitu dengan mengadakan Green and Clean di Surabaya dan kegiatan CSR ini dilakukan secara rutin serta bekerja sama dengan pemerintah kota dan Harian Jawa Pos dengan Yayasan Tunas Hijau.
b)   Indosat
Sebagai bentuk komitmen Indosat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Indosat telah melaksanakan berbagai program yang diharapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih baik.
c)    Goodyear
Komitmen Googyear terhadap masyarakat merupakan bagian yang sangat penting dari kegiatan perusahaan. Membangun masyarakat yang sehat dengan kinerja tinggi merupakan tujuan dari kegiatan ini dimasyarakat sekitar pabrik dan kantor Goodyear.


Daftar Pustaka
  • Sukmadi. 2012. Pengantar Ekonomi Bisnis. Bandung: Humaniora Press
  • Elkington, John.  1997. Cannibals wiys Forks, the triple Bottom Line of Twentieth Century

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Corporate Social Responsibility (CSR)"