Pengertian Corporate Social
Responsibility
Corporate Social Responsibility
(CSR) dalah komitmen perusahaan atas dunia bisnis untuk berkontribusi dalam
perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab
sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian
terhadap aspek ekonomis, sosial dan lingkungan, Sukmadi (2012: 132).
Menurut Ancok (2005: 18) dalam
bukunya Sukmadi Definisi Corporate
Social Responsibility (CSR) adalah komitmen bisnis untuk kontribusi
pengembangan ekonomi bekerja dengan karyawan dan repsentatif mereka, komunitas local
dan masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas kehidupan dimana keduanya baik
untuk bisnis dan pengembangan. Selain itu, John Elkington (1997) dalam bukunya
Cannibals wiys Forks, the triple Bottom Line of Twentieth Century Business
mendefinisikan CSR sebagai aktivitas yang mengajar triple bottom line, yang
terdiri atas 3P. Selain mengajar profit untuk kepentingan shareholsers,
perusahaan juga harus memperhatikan kepentingan stakeholders yakni terlibat
pada pemenuhan kesejahteraan masyarakat (people) serta berpartisipasi aktif
dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet), Ancok (2005: 18)
Sedangkan menurut Boone dan Kurtz
(2007) CSR dalah dukungan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan
laba, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan masyarakat secara setara dalam
mengevaluasi kinerja perusahaan. Menurut B. Tamam Achda (2007) dalam Sukmadi mengartikan
CSR sebagai komitmen perusahaan untuk mempertanggungjawabkan dampak operasinya
dalam dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan serta terus menerus menjaga agar
dampak tersebut menyumbang manfaat kepada masyarakat dan lingkungan hidupnya.
Manfaat CSR
Dalam bukunya Sukmadi (2012: 135)
menyatakan bahwa manfaat CSR bagi perusahaan adalah
1. Mempertahankan
dan mendongkrak reputasi serta citra merek perusahaan
2. Mendapatkan
lisensi untuk beroperasi secara sosial
3. Mereduksi
resiko bisnis perusahaan
4. Melebarkan
akses sumber daya bagi operasional perusahaan
5. Membuka
peluang pasar yang lebih bagus
6. Mereduksi
biaya
7. Memperbaiki
hubungan dengan stakeholders
8. Memperbaiki
hubungan dengan regulator
9. Meningkatkan
semangat dan produktivitas karyawan
1. Peluang
mendapatkan penghargaan
Implementasi CSR
Sukmadi (2012: 142) implementasi dalam CSR adalah:
1. Pentingnya
menerapkan CSR
Subtansi keberadaan CSR adalah memperkuat keberlanjutan
perusahaan itu sendiri dengan jalan membangun kerja sama antar stakeholder yang
difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan
masyarakat sekitarnya. Ada enam kecendrungan utama yang semakin menegaskan arti
penting CSR, Yaitu:
·
Meningkatkan kesenjangan antara kaya dan miskin
·
Posisi negara yang semakin berjarak kepada
rakyatnya
·
Semakin mengemukanya arti kesinambungan
·
Semakin gencarnya sorotan kritis dan resistensi
dari public bahkan bersifat anti-perushaan
·
Tren ke arah transparansi
·
Harapan bagi terwujudnya kehidupan yang lebih
baik dan manusiawi
2. Aktivitas
CSR
Prince of Wales
International Business Forum mengungkapkan bahwa ada lima pilar aktivitas dari
CSR (Ancok, 2005: 19-20)
a.
Building Human Capital
Secara internal, perusahaan dituntut untuk menciptakan
SDM yang handal, secara eksternal perusahaan dituntut untuk melakukan pemberdayaan
masyarakat, biasanya melalui community development.
b.
Strengthening economies
Perusahaan dituntut untuk tidak menjadi kaya sendiri
sementara komunitas di lingkungannya miskin, mereka harus memberdayakan ekonomi
sekitar.
c.
Assessing social chesion
Perusahaan dituntut untuk menjaga keharmonisan dengan
masyarakat sekitarnya agar tidak menimbulkan konflik
d.
Encouraging good governance
Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan harus
menjalankan tata kelola bisnis dengan baik
e.
Protecting the environment
Perushaan harus berupaya keras menjaga kelestarian
lingkungan.
Aplikasi Corporate Social Responsibility di Beberapa
Perusahaan
Banyak perusahaan yang melakukan kegiatan CSR ,
seperti :
a)
PT. Unilever
Program yang dilakukan PT. Unilever terhadap
masyarakat di Surabaya sebagai salah satu kegiatan Corporate Social
Responsibility, yaitu dengan mengadakan Green and Clean di Surabaya dan
kegiatan CSR ini dilakukan secara rutin serta bekerja sama dengan pemerintah
kota dan Harian Jawa Pos dengan Yayasan Tunas Hijau.
b)
Indosat
Sebagai bentuk komitmen Indosat dalam meningkatkan
kesejahteraan hidup masyarakat, Indosat telah melaksanakan berbagai program
yang diharapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia untuk menjadi
lebih baik.
c)
Goodyear
Komitmen Googyear terhadap masyarakat merupakan bagian
yang sangat penting dari kegiatan perusahaan. Membangun masyarakat yang sehat
dengan kinerja tinggi merupakan tujuan dari kegiatan ini dimasyarakat sekitar
pabrik dan kantor Goodyear.
Daftar Pustaka
- Sukmadi. 2012. Pengantar Ekonomi Bisnis. Bandung: Humaniora Press
- Elkington, John. 1997. Cannibals wiys Forks, the triple Bottom Line of Twentieth Century
Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Corporate Social Responsibility (CSR)"
Posting Komentar